10 Fakta Penting Osama bin Laden

Osama bin Laden diberitakan tewas, pada serangan berdarah di Pakistan, hari ini (2/5). Namun tahukah anda “sepak terjang” dari seorang Osama bin Laden hingga akhirnya ia menjadi terkenal dan merupakan buronan terbesar dalam 10 tahun terakhir? Ini dia 10 fakta mengenai Osama,

  • Osama bin Laden lahir di Saudi Arabia pada tahun 1957. Ia adalah salah satu dari 50 anak Mohamed Bin Laden, jutawan kontraktor.
  • Menikah pertama kali bersama sepupunya yang orang Siria pada umur 17. Dan dilaporkan memiliki sedikitnya 23 anak dari 5 istrinya.
  • Dia dituduh sebagai otak dari rangkaian serangan teroris terhadapa Amerika Serikat di Africa dan Timur Tengah pada tahun 90-an.
  • Keluarganya yang kaya di Arab Saudi, lalu tidak mengakuinya lagi dan kewarganegaraan Arab Saudinya pun di copot.
  • Ia melakukan pemberontakan melawan Soviet di Afganistan pada tahun 1980-an dengan bantuan dana dari Amerika Serikat, dimana ia membentuk Al Qaeda untuk pertama kalinya. Ia kembali ke Afganistan tahun 1990-an, dan melatih militan islami dari berbagai negara di dunia.
  • Tinggi, kurus kering dan berjanggut bin Laden selamat dari serangan misil Amerika Serikat ke kamp Afganistan miliknya setelah peristiwa pemboman Kedutaan besar Amerika di Afrika timur. Berdasarkan beberapa laporan, ia hampir terbunuh saat serangan bom Amerika di gunung Tora Bora, sebelah timur Afganistan pada tahun 2001.
  • Ia menyetujui serangan pada 11 September tahun 2001 yang membunuh sekitar 3000 orang. bin Laden mengatakan bahwa hasil dari serangan-yang kini di kenal sebagai 9/11-jauh melebihi harapannya. Dengan harga jutaan dolar Amerika atas kepalanya, ia menjadi buronan terbesar di dunia selama satu dekade terakhir.
  • Menteri Pertahanan Amerika, Robert Gates mengatakan pada bulan Desember 2009, bahwa Amerika tidak mengetahui keberadaan bin Laden serta kekurangan informasi intelijen tentang diri bin Laden selama setahun.
  • Lebih dari 60 pesan disiarkan oleh bin Laden, orang nomor dua di Al Qaeda Ayman al-Zawahri, dan sekutu mereka sejak seranganan 9/11. Bulan September 2007, tepat 6 tahun setelah peristiwa berdarah 9/11, bin Laden mengatakan bahwa Amerika Serikat mudah diserang baik itu ekonomi maupun kekuatan militernya, tetapi ia tidak melakukan ancaman yang serius.
  • Petualangan bin Laden harus berakhir di bulan Mei 2011, di Pakistan. Dimana ia terbunuh dalam serangan yang dilancarkan oleh pihak Amerika Serikat.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.