Mau Haid Lancar? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

s bfaMenstruasi atau Haidmerupakan agenda bulanan yang dialami para wanita. Haid biasanya akan berlangsung 3-6 hari dansiklus itu terjadi anatar 27-30 hari. Masalah yang sering dihadai wanita pada saat haid adalah tidak lancarnya siklus haid. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti gaya hidup yang tak sehat, merokok dan menenggak minuman keras. Untuk melancarkan siklus haid, Anda bisa mengkonsumsi makan dan minuman seperti berikut ini.

Berikut makanan dan minuman palancar haid, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Brokoli
Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian Anda.

2. Salmon
Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon. Ini juga membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur.

3. Sayuran berdaun hijau
Anda harus selalu menyertakan sayuran berdaun hijau yang sehat dan bergizi dalam menu harian Anda. Bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.

4. Ikan dan minyak ikan
Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

5. Almond
Almon adalah jenis kacang yang sehat dan bergizi. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi , almond kaya akan serat dan protein yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

6. Biji wijen
Biji wijen dapat membantu Anda memperlancar siklus menstruasi. Namun, jangan mengonsumsi biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

7. Yogurt
Yogurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Anda dapat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

8. Susu kedelai
Jika Anda memiliki intoleransi susu, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai. Selain bergizi, susu kedelai juga dapat membantu memperlancar menstruasi.

9. Telur
Telur rebus sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.