5 Air Terjun Terindah di Indonesia

Air terjun merupakan sebuah keindahan alam yang tiada duanya. Gemerecik airnya yang dingin dan segar akan membuat kita ingin membasuh airnya ke muka kita. Inilah 5 air terjun terindah di Indonesia.

1. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Sumatera Utara memang memiliki banyak objek wisata yang menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah air terjun dua warna yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Dari namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan bening. Penasaran?

Dibutuhkan perjuangan yang keras untuk melihat kecantikan air terjun ini. Anda harus berjalan lebih dari satu jam dalam menembus hutan yang rimbun. Tanjakan, turunan, hingga jurang akan menantang stamina Anda. Akan tetapi, setibanya di air terjun dua warna ini rasa lelah akan hilang dan rasa takjub akan datang. Air terjun ini begitu cantik, indah, dan unik.

Air terjunnya tinggi, berwarna kebiruan, dingin dan segar, seolah mengucapkan selamat datang, serta menjadi obat penghilang lelah. Dijamin Anda akan berlama-lama untuk bermain air di air terjun dua warna ini.

2. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

Berkunjung ke Jawa Timur kurang lengkap rasanya jika tidak melihat air terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Tidak hanya keindahannya saja, tetapi air terjun ini menyimpan legenda Mahapatih Gajah Mada.

Air terjun Madakipura menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini tersembunyi di tebing-tebing yang eksotis. Pemandangan air terjun ini begitu indah dan menakjubkan. Air terjun Madakipura memiliki ketinggian 200 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Airnya dingin, jernih, dan akan menyegarkan kembali pikiran Anda.

Mahapatih Gajah Mada menjadikan air terjun ini sebagai tempat untuk bersemedi. Di balik air terjunnya yang deras, terdapat sebuah gua. Anda bisa mencapainya jika menyelam dari dasar kolam yang cukup dalam. Di sanalah Gajah Mada bersemedi dan menambah ilmunya. Jangan heran, ada patung Gajah Mada yang akan menyambut Anda saat berkunjung ke tempat ini.

3. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Yogyakarta memang pantas menyandang nama ‘Never Ending Asia’, karena keindahan alamnya yang tidak pernah habis. Air terjun Sri Gethuk di wilayah Gunungkidul akan membuat Anda bertekuk lutut karena pesonanya.

Air terjun Sri Gethuk terletak di Padukuhan Menggoran yang berdekatan dengan lokasi wisata Gua Rancang Kencono. Uniknya, air terjun ini bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing karst yang gersang. Air tejun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada tepat di tepi Sungai Oyo. Air terjun ini tidak pernah kering walaupun daerah sekitarnya gersang. Gemercik air dan hiasan daun nyiur yang melambai, akan menggoda Anda.

Konon, dinamai air terjun Sri Getuk atau Sri Ketuk karena menurut kepercayaan masyarakat setempat pada masa lalu, sering terdengar suara gamelan, yang diyakini milik raja jin Slempret yang bernama Angga Mendura. Keberadaan air terjun ini, dipercaya merupakan lokasi pasar jin. Akan tetapi, keindahan air terjun ini sangat cantik.

4. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Air terjun Moramo berada di Kawasan Suaka Alam Suaka Margasatwa Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo sangat unik dan memiliki nuansa alam indah. Konon, tempat ini pun dipercaya sebagai pemandian bidadari.

Air terjun ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Air terjun Moramo berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat dengan ketinggian 100 meter. Air terjun ini memiliki 7 undakan yang besar, serta puluhan undakan yang kecil. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat banyak batu marmer besar dan menambah keelokan pemandangan.

Di sekitar air terjun ada banyak kupu-kupu yang akan menemani Anda. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelangi sebagai biasan cahaya di sekitar air terjun. Tak heran, masyarakat setempat memercayai tempat ini sebagai pemandian para bidadari karena keindahannya.

5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani yang gagah dan menawan. Tidak hanya itu, air terjun Sendang Gile juga menjadi tempat pelepas kepenatan di Lombok. Air terjun ini pun sangat dingin dan sejuk, karena berasal dari Gunung Rinjani.

Air terjun yang indah ini terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dengan melewati 500 anak tangga, air terjun yang cantik dan indah ini siap menyambut Anda. Airnya begitu bersih dan segar, maklum karena berasal langsung dari Gunung rinjani. Alam di sekitarnya juga begitu tenang dan alami.

Ada sensasi unik di air terjun Sendang Gile ini, cobalah merasakan langsung titik jatuhnya air dari ketinggian kurang lebih 40 meter. Memang sakit, tapi kapan lagi Anda mencobanya.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

4 Responses to “5 Air Terjun Terindah di Indonesia”

  1. @hartonohw says:

    Nice place baru ngeh kalo indonesia ada yg bagus jg kirain macet ampe gue gerah di jkt..ternyata bagus banget kalo bs gw pindah ke sana tinggal iiihh :)

  2. cashto says:

    kereeennn banget bro !! jadi pengen deh :)

  3. Odeztsaa says:

    BravO… !!!

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.