Bagaimana berlibur setelah pensiun?

Setelah bertahun-tahun bekerja, kini saatnya berlibur dan menikmati masa tua. Waktunya mengunjungi berbagai tempat dan melakukan hal-hal yang tertunda akibat membesarkan anak dan bekerja.

Namun biasanya keterbatasan kesehatan dan keuangan menjadi kendala tersendiri, terlebih setelah pensiun. Berikut beberapa tips untuk memiliki perjalanan liburan yang aman dan menyenagkan bagi pensiunan.

1. Jangan Ragu bertualang
Kini telah banyak perusahaan perjalanan wisata yang menyiapkan paket perjalanan bagi pelanggan berusia 50 tahun ke atas, sehingga Anda tetap bisa merasakan petualangan tanpa harus khawatir soal keamanan. Contohnya, ada paket yang menyiapkan paket untuk sampai ke atas gunung tanpa harus benar-benar mendakinya. Bisa dengan kereta gantung, atau menaiki kendaraan jeep.

2. Realistis
Bersikaplah realistis. Ini artinya, Anda dapat jujur pada diri sendiri mengenai apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan. jangan mencoba memaksakan diri. jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum Anda pergi jauh

3. Perhitungkan keuntungan fleksibilitas waktu
Dengan waktu yang cukup fleksibel, Anda bisa menentukan tanggal-tanggal hemat untuk melakukan perjalanan. Ceklah secara berkala maskapai-maskapai atau hotel yang menawarkan harga spesial di waktu-waktu tertentu.

4. Pertimbangkan jarak lokasi
Jika Anda memiliki kondisi medis yang cukup unik, pertimbangkan jarak lokasi wisata dengan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit dan dokter. Perhatikan detail-detail setiap fasilitas yang ada di sana, kalau-kalau keadaan darurat terjadi.

5. Bawalah berkas-berkas penting
Satu hal yang penting lainnya adalah jangan lupa membawa berkas-berkas penting, misalnya catatan riwayat kesehatan Anda. Bila Anda menggunakan asuransi perjalanan, pastikan asuransi memfasilitasi pembatalan perjalanan bila terjadi sesuatu, misalnya jatuh sakit.

6. Bersantailah
Bersantailah saat liburan. Pastikan tenaga Anda tidak terlalu terforsir. Pilihlah perjalanan-perjalanan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan santai.

7. Jangan takut tinggal di hostel
Bila Anda tidak sanggup untuk menyewa kamar hotel mewah, jangan takut untuk tinggal di hostel. Pilihlah hostel yang bersih dan nyaman serta ramah untuk kantong Anda.

8. Pertimbangkan acara-acara perayaan tertentu
Banyak wilayah yang memiliki perayaan-perayaan tertentu dalam satu waktu. Misalnya perayaan Satu Suro, Nyepi, Galungan, dan lain-lain.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.