Apakah Paus Dan Lumba-lumba Termasuk Ikan?

Biasanya kita selalu menganggap binatang yang hidup di laut adalah ikan. Kalau begitu, apakah paus dan lumba-lumba termasuk ikan? Paus dan lumba-lumba buka sejenis ikan seperti ikan kembung, kakap, dan sebagainya, melainkan sejenis mamalia yang menyusui deperti manusia. Kita dapat menggolongkan hewan melalui struktur tubuhnya, ciri khasnya, serta habitatnya. Kita juga dapat menggolongkan hewan ke dalam jenis mamalia, unggas, ikan, reptil, dan sebagainya. Ciri paling khas dari mamalia adalah kemampuannya melahirkan anak dan menyusuinya.

Tubuhnya berbulu, jumlah kakinya 4, suhu tubuhnya tidak berubah-ubah, dan bernapas dengan paru-paru. Mamalia seperti ini adalah anjing, kucing, singa, sapi, gajah, kelinci, dan sebagainya. Tetapi ada juga mamalia unik yang tidak berbulu dan hidup air seperti paus dan lumba-lumba. Berbeda dari mamalia, ikan dipenuhi sisik di sekujur tubuhnya dan bernapas dengan insang karena hidup di air. Ikan juga berkembang biak dengan carea bertelur dan suhu tubuhnya berubah-ubah sesuai dengna sekitarnya.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

4 Responses to “Apakah Paus Dan Lumba-lumba Termasuk Ikan?”

  1. Tamamhe says:

    ternyata paus dan lumba-lumba itu tergolong mamalia ya,, padahal masih terlintas di ingatanku seorg guru SD memberiku pengetahuan bahwa mereka adalah IKAN.. Hal2 sekecil itu kadang di anggap sebagian orang tdklah penting,,namun sbnarnya hal itu salah,,,smpai kapan penyampaian informasi salah ini di truskan.. Baik adanya jika halaman ini di perlihatkan kpda anak2 sekolah agar mreka tahu kebenaran akan identitas lumba-lumba dan paus.

  2. @nariantari says:

    berarti harus dihilangkan tu gelar ikanny. . . kan biasa orang bilang ikan lumba2 ato ikan paus. .

  3. stelly says:

    oooo
    teryata lumbah dan ikan paus ada aq pikir gk ada nanti aq mau ngelanjuntin informasi bahwa ikan paus dan lumbah itu ada

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.