Kenapa Kita Tidak Boleh Mematikan Komputer Dengan Cara Langsung Mencabut Kabelnya ?

Waktu mematikan komputer, tidak ada orang yang cuma memencet tombol Power atau mencabut langsung kabelnya dari sumber listrik. Setiap orang pasti mengikuti prosedur untuk mematikan komputer melalui sistem di dalam komputer. Walaupun TV, radio, dan alat-alat listrik lain bisa langsung dimatikan, kita harus mematikan komputer sesuai dengan tahapan-tahapan yang seharusnya.

Saat kita menyalakan komputer, sistem operasi yang tersimpan di dalam hard disk akan membuka berbagai file yang diperlukan secara otomatis, agar berbagai sistem yang ada di dalam komputer bisa digunakan. Lalu selama komputer digunakan, file yang belum disimpan berada dalam keadaan menunggu. Misalnya, setelah kita bermain game di komputer dan kita mematikan game tersebut, maka hanya program tersebut yang mati, selama program lain belum kita tutup. Kalau kita langsung mencabut kabel komputer dari sumber listrik, file yang masih dalam keadaan terbuka akan menutup tiba-tiba dan program yang sedang berjalan bisa rusak.

Di sisi lain, hard disk merupakan alat yang menyimpan banyak file, misalnya program yang berhubungan dengan sistem pengoperasian. Alat yang berfungsi membaca data-data di dalam hard disk ini disebut head. Jika hard disk berputar, head akan bergerak dan membaca data-data yang tersimpan di dalam hard disk. Kalau kita mematikan komputer sesuai prosedur seharusnya, head akan selesai bekerja dan kembali ke tempat seharusnya. Tetapi kalau kita langsung mencabut kabel komputer dari sumber listrik, karena head tiba-tiba harus kembali ke tempatnya, bisa saja terjadi kesalahan yang membuat hard disk rusak.

Jadi, kita tidak boleh mematikan komputer dengan langsung menarik kabelnya, karena hal itu akan memberi pengaruh buruk terhadap program dan hard disk komputer.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

One Response to “Kenapa Kita Tidak Boleh Mematikan Komputer Dengan Cara Langsung Mencabut Kabelnya ?”

  1. nono says:

    stuju!!! gua pernah ngalamin hal ini
    hDD jadi bad sector , hilang sudah koleksi kesayangan gua :(

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.