Kenapa Dinosaurus Punah ?

6.500 juta tahun lalu, dinosaurus yang saat itu menguasai dunia, tiba-tiba lenyap. Sampai sekarang pun kita belum tahu pasti mengapa dinosaurus tiba-tiba punah. Tetapi banyak ilmuwan menduga dinosaurus musnah karena saat itu asteroid yang sangat besar menabrak bumi hingga menimbulkan guncangan dan panas hebat.

Karena itulah akhirnya dinosaurus musnah secara massal. Bukan hanya itu, tabrakan asteroid juga menimbulkan awan debu besar hingga menutup langit dan menghalangi sinar matahari, dan itu menyebabkan cuaca berubah mendadak menjadi sangat dingin.

Waktu itu tumbuhan juga ikut punah sehingga dinosaurus yang masih tersisa akhirnya mati kelaparan. 79% makhluk hidup yang ada di muka bumi, mulai dari reptil berukuran besar sampai makhluk kecil seperti plankton ikut punah.

Selain teori tadi, ada juga dugaan lain. Sebagian ilmuwan menduga dinosaurus punah karena perubahan alam. Dinosaurus tak mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di bumi pada akhir zaman Mesozoik. Lalu, ada juga yang menduga dinosaurus punah karena terbaliknya medan magnet bumi.

Pada suatu masa kutub utara dan kutub selatan berbalik posisi dan saat itulah dinosaurus punah. Menurut dugaan ini dinosaurus jadi stres hingga akhirnya punah. Ada juga beberapa teori menyangkut punahnya dinosaurus: misalnya dinosaurus punah karena sembelit, karena semua telur dinosaurus dimakan mamalia, dan kentut dinosaurus menimbulkan efek rumah kaca hingga akhirnya dinosaurus punah.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.