Mengapa Air Dan Minyak Tak Dapat Menyatu?

Hubungan yang tidak cocok selalu diibaratkan seperti minyak dan air, kan? Karena meskipun dicampur, minyak dan air tak mungkin menyatu. Jika minyak dituangkan ke dalam segelas air, minyak akan mengapung di atas air. Air dan minyak tak dapat menyatu karena kepadatannya berbeda. Kepadatan adalah perbandingan massa pada setiap benda dengan standar volume tetap. Kepadatan air lebih besar daripada minyak.

Jadi, jika keduanya dimasukkan ke wadah yang sama, air yang kepadatannya lebih besar akan turun, sedangkan minyak yang kepadatannya kecil akan mengapung. Keduanya tidak bisa menyatu. Namun jika dituangkan ke dalam minyak mendidih, air akan bercipratan ke mana-mana. Dan dalam sekejap cipratan air itu akan berubah jadi uap.

Waktu memasak, suhu minyak mencapai 160-200 derajat, sedangkan minyak mendidih pada suhu 100 derajat. Mendidih adalah proses perubahan cairan menjadi uap. Jika air dimasukkan ke minyak bersuhu 200 derajat, maka seketika akan berubah jadi uap. Saat itu volume air membesar sehingga menimbulkan letupan kecil yang muncrat ke mana-mana.

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.