Serunya Saman Summit 2012!!!

Pagelaran Saman Summit yang berlokasi di Lapangan Museum Fatahillah, Jakarta sukses digelar. Acara yang berlangsung pada tanggal 14-16 Desember 2012 ini, berhasil memuaskan penduduk Jakarta akan budaya Aceh khususnya Tari Saman.

Gerbang acara Saman Summit 2012, di Kota Tua, Jakarta

Gerakan cepat diiringi dengan suara nyanyian yang merdu mengisi pagelaran yang untuk pertama kalinya digelar. Langsung didatangkan dari Gayo, salah satu daerah di Aceh para penari memanjakan penunjung dengan tarian Saman, tarian yang sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Tari yang dibuat oleh Sheikh Saman untuk menyebarkan islam di tanah Aceh ini memiliki gerakan yang cepat namun dinamis. Tanpa adanya instrumen, tak membuat Tari Saman kehilangan daya tariknya. Gerakan seragam sambil menepuk tangan dan anggota tubuh yang dilakukan para penari, mampu menghibur para pengunjung yang memadati lapangan Museum Fatahillah.

Tari Saman dengan gaya menepukkan tangan

Tak hanya tarian Aceh saja yang disajikan, Tarian khas dari daerah Banyuwangi, Lombok, Sumatra Barat dan Cirebon juga mengisi pagelaran budaya Saman Summit 2012.

Penampilan tarian lain selain tari saman

Penampilan tarian lain selain tari saman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mencicipi kuliner khas Aceh menjadi salah satu yang difavoritkan para warga Jakarta. Dengan antusias para pengunjung yang datang memasuki tenda yang memang dikhususkan untuk menjual kuliner khas Aceh. Martabak, mi Aceh dan kopi Aceh yang sudah terkenal menjadi kuliner primadona di Saman Summit 2012.

Kuliner makanan khas Aceh

Acara yang diadakan oleh Kementrian pedidikan dan kebudayaan ini membuat para pengunjung menjadi lebih mengenal tentang kebudayaan asli Indonesia. Semoga festival semacam ini akan lebih banyak diselenggarakan, supaya masyarakat lebih tahu dan mencintai budayanya sendiri.

Banyaknya pengunjung yang antusias dalam pagelaran Seni & Budaya Saman Summit 2012

Share This Post

Related Articles

facebook comments:

Leave a Reply

© 2014 LangitBerita.com.